Aman dan Bijak Menggunakan Listrik di Rumah Idaman

Friday 5 September 20141comments

Klik Rumah | Listrik menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Seluruh perangkat elektronik  rumah tangga pengoperasiannya menggunakan listrik. Namun listrik juga berbahaya bila penggunaannya serampangan. Pemahaman yang memadai tentang instalasi listrik di rumah akan menghindarkan dari kemungkinan terjadinya hal buruk.

Paling sering terjadi adalah penggunaan perangkat yang tidak sesuai dengan kapasitas arus listriknya. Ini dapat menyebabkan plastik pembungkus kabel listrik memuai kemudian mengelupas sehingga menyebabkan hubungan arus pendek (korsleting) dan percikan api penyebab kebakaran. Untuk itu  Schneider Electric, produsen perangkat elektrik asal Prancis, melakukan edukasi kepada anggota Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) mengenai instalasi dan perangkat listrik. Hingga saat ini Schneider sudah mengedukasi sebanyak 8.000 tenaga install team.

“Kebakaran yang kerap terjadi penyebab utamanya karena korsleting listrik. Untuk menghindarinya selain penggunaan produk berkualitas, tenaga instalatir yang memasang juga harus paham dan bersertipikat,” ujar  Yola Riana Effendi, Retail Product Manager PT Schneider Electric Indonesia, pada ajang pameran bahan bangunan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Ada tiga perangkat wajib untuk pengamanan kelistrikan di rumah, yaitu MCB (mini circuit breaker), ELCB (earth leaked circuit breaker), dan Surge Arrester. MCB digunakan untuk melindungi jaringan listrik dari beban berlebih dan hubungan arus pendek. Perangkat ini secara otomatis akan memutus arus listrik bila terjadi beban berlebih maupun korsleting.




ELCB melindungi perangkat dari bahaya kebakaran dan mencegah orang tersengat listrik ketika ada arus listrik yang terpercik air. Sementara Surge Arrester digunakan untuk melindungi peralatan elektronik seperti TV, komputer, telepon, dan perangkat lainnya dari sambaran petir bila perangkat ini tidak terproteksi oleh penangkal petir.

Yuni Jie, Interior Designer dari Jie-Design (Jakarta), mengatakan, selain kualitas produk perangkat listrik juga dapat menjadi elemen interior. Desain sakelar dan stop kontak yang bagus bisa melengkapi keindahan interior rumah. “Itu bagusnya produk Schneider,  bukan hanya fungsinya tapi juga sudah memerhatikan unsur desain pada produknya,” ujarnya.

Sumber : housing-estate | writer : Yudis | Publisher : Dimas Aldeaksa





Jasa Pasang Baru dan Instalasi Listrik

Share this article :

+ comments + 1 comments

26 December 2014 at 11:38

Artikel yang penuh informasi. Terimakasih pak.
Jasa Arsitek

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumah Properti Investasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger